6 Kandungan dan Manfaat Buah Kurma

6 Kandungan dan Manfaat Buah Kurma - Hallo sahabat emotionelltinstabilpersonlighet ., Pada Artikel yang sedang anda baca kali ini dengan judul 6 Kandungan dan Manfaat Buah Kurma, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Buah, Artikel Kesehatan, Artikel Manfaat, Artikel Nutrisi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Buah kurma (Phoenix dactylifera) adalah sejenis tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix. Bagi negara yang mayoritas penduduknya muslim termasuk Indonesia, sudah tak asing lagi dengan buah yang satu ini. Buah kurma sering dikonsumsi saat bulan puasa sebagai menu sahur maupun berbuka puasa. Tidak tahu pasti darimana asal pohon kurma ini berasal, namun banyak menyakini bahwa pohon kurma berasal dari bantaran sungai Nil.

Di Indonesia, buah kurma banyak perjual belikan di pinggir-pinggir jalan sampai pusat oleh-oleh. Walaupun buah kurma memiliki ukuran kecil tidak lebih dari buah biji nangka, namun buah kurma memiliki kandungan nutrisi sangat lengkap beserta manfaatnya bagi kesehatan. Berikut kandungan dan manfaat buah kurma bagi kesehatan: 

Kandungan dan Manfaat Buah Kurma


Kandungan dan Manfaat Kurma

Kurma memiliki konsentrasi polifenol tertinggi dibanding buah - buahan kering lainnya. Polifenol berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi dan serangan penyakit. (University of Scranton, Amerika Serikat)

Kurma memiliki aktifitas antioksidan signifikan karena didalam buah kurma segar terkandung senyawa antosianin yang merupakan antioksidan alami. (AISSMS College of Pharmacology)

Kurma juga mengandung serat cukup tinggi yaitu 2,2gr/100gr buah. Vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya antara lain vitamin A, B, C, E, K, thiamin, riboflavin, niasin, folat, asam pantotenat, besi, fosfor, kalium, kalsium, natrium dan magnesium. (UNDIP Semarang)

Penelitian tim dari Shiraz University of Medical Sciences, Iran, membuktikan meminum suspensi buah kurma dosis 120 dan 240 mg/kg bobot tubuh mampu meningkatkan jumlah, motilitas, dan bentuk sperma, serta kualitas DNA.

Energi yang terkandung dalam kurma mencapai 300 kalori per 100 gram. Selain itu, 55% karbohidrat yang terkandung dalam kurma berupa glukosa. Glukosa termasuk karbohidrat yang mudah diubah menjadi energi sehingga dengan cepat dapat menggantikan energi yang hilang selama berpuasa.

Mengkonsumsi kuram setiap hari juga disebutkan mampu melindungi fungsi hati, menurut riset di Faculte de Medecine, Tunisia. Dalam penelitian itu disebutkan ekstrak kurma dapat memperbaiki kerusakan hati akibat dimethoate semacam insektisida.

Itulah 6 kandungan dan manfaat buah kurma yang dapat anda pahami. Makan kurma setiap hari dapat menjaga kesehatan tubuh Anda serta memberikan asupan energi yang cukup..


Demikianlah Artikel 6 Kandungan dan Manfaat Buah Kurma

Sekianlah artikel 6 Kandungan dan Manfaat Buah Kurma kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 6 Kandungan dan Manfaat Buah Kurma dengan alamat link http://emotionelltinstabilpersonlighet.blogspot.com/2016/03/kandungan-dan-manfaat-buah-kurma.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »