5 Jenis Makanan Sumber Asam Folat

5 Jenis Makanan Sumber Asam Folat - Hallo sahabat emotionelltinstabilpersonlighet ., Pada Artikel yang sedang anda baca kali ini dengan judul 5 Jenis Makanan Sumber Asam Folat, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Asam Folat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
makanan sumber asam folat

Asam folat, atau lebih tepatnya hanya folat adalah sejenis vitamin B yang larut dalam air. Asam folat memiliki manfaat utama dalam membantu kelancaran metabolisme dan perkembangan sel tubuh. Selain itu asam folat juga dinilai memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, bukan hanya untuk menjaga kesehatan, tapi juga bisa membantu dalam proses penyembuhan suatu penyakit. 

Barang siapa yang peduli dengan kesehatannya, sebaiknya mengetahui berbagai sumber makanan yang mengandung asam folat, apalagi sebenarnya banyak sekali sumber makanan seperti buah dan sayur serta produk hewani yang mengandung asam folat. Untuk lebih jelasnya berikut kami jelaskan beberapa makanan yang mengandung asam folat. Baca selengkapnya.


Makanan Sumber Asam Folat

1. Hati Hewan
Mungkin jenis makanan yang mengandung asam folat ini lebih sering dihindari oleh sebagian orang yang sedang diet atau sedang menjaga kesehatan karena kelebihan kadar lemak dan kolesterol. Akan tetapi jangan pandang hati hewan dari sisi buruknya saja, karena ternyata memiliki beragam keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi hati hewan. Hati hewan memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan asam folat tubuh. Akan tetapi bagi ibu hamil, meskipun termasuk makanan yang mengandung asam folat dan dha, sebaiknya hindari mengonsumsi hati hewan.

2. Kacang-Kacangan
Asam folat atau vitamin B9 banyak ditemukan dalam berbagai jenis kacang-kacangan. Bukan hanya asam folat, tetapi beberapa jenis kacang-kacangan juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti kalsium, protein dan juga vitamin D yang tak kalah pentingnya untuk kesehatan tubuh Anda. Dengan mengkonsumsi satu cangkir kacang, Anda akan mendapatkan asupan sekitar 180 mikrogram asam folat. Jumlah tersebut sudah mencakup hampir setengah dari jumlah asam folat yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Kacang-kacangan yang mengandung asam folat adalah semua jenis kacang-kacangan, sejenis kacang merah, kacang hijau (beans) dan juga kacang tanah (peanuts).

3. Sayuran
Makanan yang mengandung asam folat selanjutnya adalah jenis sayuran berdaun hijau, terutama berwarna hijau gelap. Contoh sayuran ini adalah brokoli, asparagus, selada, kubis, sawi, dan bayam. Berbagai jenis sayuran ini termasuk sayuran yang mudah didapatkan. Selain kaya asam folat, sayuran juga kaya berbagai nutrisi dan vitamin lain. Sedangkan untuk ibu hamil yang paling bagus adalah bayam, brokoli, dan asparagus karena juga mengandung nutrisi penting lainnya yang cocok untuk dikonsumsi saat masa kehamilan.

4. Buah-Buahan
Sumber vitamin secara alami adalah buah-buahan, dan asam folat adalah salah satu jenis vitamin tersebut. Buah yang mengandung asam folat contohnya melon, pisang, mangga, alpukat, dan keluarga citrus, yaitu segala macam jeruk. Kandungan vitamin C dan folat yang ada pada jenis buah-buahan tersebut dinilai sangat bermanfaat untuk bisa menguatkan sistem imun. Jeruk, pisang, dan alpukat adalah sumber asam folat untuk ibu hamil, sehingga buah ini bagus untuk ibu hamil.

5. Biji Bunga Matahari
Biji bunga matahari atau lebih sering dikenal dengan “kuwaci” yang biasanya digunakan sebagai cemilan saat sedang bersantai, ternyata merupakan sumber asam folat. Menurut Wheat Foods Council setengah cangkir biji bunga matahari kering-panggang mengandung 152 mcg asam folat.

Makanan berupa produk buah dan sayur serta produk hewani diatas, merupakan sumber asam folat alami yang mudah kita dapatkan dan cukup popular ditengah masyarakat kita, dengan tujuan agar anda dapat selalu menyertakan dalam menu makanan harian anda guna memenuhi kebutuhan asam folat dalam tubuh. 



Demikianlah Artikel 5 Jenis Makanan Sumber Asam Folat

Sekianlah artikel 5 Jenis Makanan Sumber Asam Folat kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 5 Jenis Makanan Sumber Asam Folat dengan alamat link https://emotionelltinstabilpersonlighet.blogspot.com/2016/02/makanan-sumber-asam-folat.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »